Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) merupakan penilaian kompetensi mendasar terhadap seluruh murid madrasah jenjang MI, MTs dan MA sebagai alat ukur untuk mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat.
Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia, disingkat AKMI adalah asesmen yang dilakukan pada siswa madrasah sebagai metode penilaian yang komprehensif bertujuan untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya termasuk survei karakter. Adapun hasil asesmen dapat digunakan oleh guru dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan siswa sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran.
Pelaksanaan AKMI di MI Al Hikmah Kajen dilaksanakan tanggal 21 - 22 November 2022 dilaksanakan pada tanggal periode ini terpantau lancar dan sukses sebagaimana yang terlihat di Laboratorium komputer MI Al Hikmah Kajen.
Kegiatan Visitasi AKMI di MI Al HIkmah Kajen dilaksanakan pada hari Selasa, 28 November 2022 mulai pukul 14.00 sampai selesai.

Visitasi AKMI merupakan tindak lanjut hasil AKMI dilakukan untuk penyelenggaraan perbaikan pembelajaran dalam penguatan kompetensi literasi membaca, numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya jenjang MI. Hasil AKMI dapat digunakan untuk menjadi data diagnostik sebagai tindak lanjut perbaikan mutu pembelajaran di madrasah. Aasesmen yang dilakukan pada peserta didik madrasah sebagai metode penilaian yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya termasuk survei karakter. Hasil asesmen dapat digunakan oleh guru dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan siswa sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran.

Kegiatan visitasi AKMI ini diikuti oleh semua guru dan karyawan MI Al HIkmah Kajen secara umum semua guru mengatakan bahwa ini adalah peluang bagi guru untuk lebih dan konsen pada pembelajaran literasi.
0 Komentar